Jumat, Februari 13, 2009

AsaL uSuL VaLenTine'S dAy

Hai",,,hhmmm....sekarang dah tanggal 13 february nech...
besok tgl 14...ada apa yaa...??? :) hayooo,,,pasti kalian semua pada tau kan,,,
YUPPPzZZZ,,bener banged,,besok adalah saat" yg disebut sebagai Valentine's Day.
Yg kata orang" kebanayakn adalah hari kasih sayang. Tapi sebenernaya apa sech yg dimaksud ma Val's day itu???? koq kaya'na heboh banged ya??? tengok yuukk...




*AsaL usuL Valentine's Day
Secara disengaja atau tidak disengaja telah terjadi penyelewengan sejarah. Sebetulnya tidak ada kaitan antara valentine's day dengan seks bebas yang dilakukan para remaja.Menurut Webster's New Twentieth Century Dictionary, valentine secara etimologis berasal dari bahasa latin "Valentinus", yang berarti sebuah kartu atau ucapan cinta dan kasih sayang yang sentimental, yang dikirimkan kepada orang yang disayangi atau pura-pura disayangi pada tanggal 14 Februari.


Juga diterangkan, Valentine's Day berawal dari upacara keagamaan zaman Romawi Kuno bahwa setiap tanggal 15 Februari masyarakat melakukan upacara sebagai wujud penghormatan terhadap Dewa Lupercus (dewa padang rumput dan penggembala). Upacara ritual itu disebut Luperceila, di mana nama para gadis masing-masing ditulis dalam secarik kertas dan dimasukkan ke dalam vas bunga. Para perjaka yang hadir mengambil satu carik kertas dari vas bunga dan gadis yang namanya tercantum menjadi teman dansa bagi perjaka selama pesta berlangsung.

Diceritakan, Kaisar Claudius II yang berkuasa pada masa itu memberlakukan semacam "wajib militer" pada semua pemuda, tidak boleh menikah hingga usia tertentu sebab mereka akan dijadikan prajurit membela negara, diterjunkan ke medan tempur. Titah kaisar itu ternyata bertolak belakang dengan hati nurani seorang pendeta muda, Valentinus (Inggris: Valentine), karena saat itu dia jatuh cinta dengan seorang gadis, lalu diam-diam menikahinya. Saat aksinya diketahui oleh Claudius, tak pelak lagi, Valentine dijatuhi hukuman mati.

Versi lain menceritakan, bahwa Valentine dihukum mati karena dia menikahkan sepasang muda-mudi yang sedang dilanda asmara, padahal si pemuda masih dalam usia "wajib militer".

Hingga kini, kebenaran cerita itu masih kabur, namun sikap Valentine membela cinta dan kasih sayang antara remaja menjadi semacam tradisi yang diperingati oleh kaum muda zaman sekarang.

*Kematian Valentine
Berdasarkan legenda, Valentine mati di tangan algojo dan dikubur pada pertengahan bulan Februari. Kematiannya itulah yang diperingati sebagai Hari Valentine oleh para remaja. Gereja Kristiani Roma sendiri mengukuhkan tradisi itu sebagai festival kaum Nasrani di zaman Romawi Kuno.
Di sisi lain, sejarah Romawi Kuno menyatakan Februari adalah awal musim semi, dan itu dianggap waktu yang suci. Pada saat seperti itu, penduduk membersihkan rumah, menata ruang tamunya serta mengganti interior lamanya dengan yang baru.
Selain itu, tanggal 15 Februari pun dianggap sebagai angka keramat, saat masyarakat merayakan festival bagi Dewa Lupercus, sebagaimana diagungkannya pendiri Kerajaan Romawi: Romulus dan Remus.
Dalam festival tersebut, bayi Romulus dan Remus digiring ke dalam sebuah gua dan ditinggalkan begitu saja,.hidup bersama serigala sebagai pengasuhnya. Sebagai ungkapan terima kasih, para pendeta mengorbankan seekor kambing dan anjing untuk kesuburan tanah. Caranya, darah kedua binatang tersebut dicecerkan di jalan-jalan.
Perayaan itu konon berlangsung setiap tahun sejak abad ke-4 SM. Tentu saja namanya bukan Hari Valentine, karena perayaan itu sebenarnya buat menghormati dewa mereka yang bernama Lupercus.
Dan ketika agama Katolik mulai berkembang, para pemimpin gereja ingin turut andil dalam perayaan tersebut. Untuk menanamkan misi agama, mereka mencari seorang Santo (orang suci untuk agama Katolik), sebagai pengganti dewa kasih sayang Lupercus sehingga didapatkan nama Santo Valentinus, pendeta di Roma yang hidup pada abad ke-3 M. Alasan memilih Santo Valentinus memang tidak terlepas dari riwayat hidupnya yang dihukum mati oleh Kaisar Claudius II karena ia menikahi seorang gadis (atau menurut versi lain, menikahkan sepasang muda-mudi).
*Deklarasi Valentine's Day
Pada tahun 489, Paus Gelasius, asal Prancis, resmi mendeklarasikan 14 Februari sebagai hari peringatan buat Santo Valentine. Masyarakat Prancis dan Inggris pada awalnya meyakini bulan Februari sebagai musim bertemunya burung-burung. Pertemuan satwa unggas itu kemudian mengilhami mereka, dan menganggapnya sebagai hari romantis, saat pasangan muda-mudi saling bertemu. Mengingat pertengahan Februari adalah juga hari kematian pendeta Valentine, maka jadilah 14 Februari sebagai Hari: Valentine.
Catatan sejarah yang masih terekam sampai sekarang adalah puisi yang ditulis Charles, "Duke of Orleans" untuk istrinya. Puisi itu ditulisnya saat dia dipenjara di Menara London, karena dia pengikut setia dalam Perang Aincourt. Ucapan selamat yang tertulis pada tahun 1415, sampai saat ini masih bisa dilihat,. karena tersimpan rapi di British Museum, London.
Beberapa tahun kemudian, Raja Henry V menyewa seorang penulis bernama John Lydgate untuk membuat catatan valentine buat Catherine Valouis. Di Inggris sendiri, Hari Valentine mulai semarak dirayakan sebagai hari bersejarah sekitar abad ke-17.
Pada pertengahan abad ke-18 muncul tradisi, para muda-mudi yang lagi kasmaran dari berbagai kelas bertukar hadiah atau catatan kecil yang saat ini berubah menjadi kartu ucapan. Tradisi ini kemudian menyebar ke seluruh daratan Eropa sampai ke belahan benua Amerika dan kemudian Asia, termasuk Indonesia.


Naaaahhh,,,sekarang dah tau kan sejarah nya valentine's day...
Tapi yg perlu kita ingat yaa,,,kata orang kan val's day tuch hari kasih sayang toh?? coba dech sedikit kita pikir...pada hari itu kita berlomba" untuk ungkapin perasaan kita ke orang (yg katanya sech,,,)kita sayang. Mank klo selain hari itu kita ungkpain perasaan kita apa itu salah??? sampe harus tunggu setaun sekali aja buat ngelakuin hal itu. inget pren...sayang tuch bukan cuma sehari...

Kita diberikan waktu Setahun, 12 bulan, 52 minggu, 365 hari tanpa batas untuk bisa ungkapin rasa sayang ke orang yg kita sayangi. So,,,apalah artinya sehari aja dibanding yg 365 hari???

Klo alasannya itu adalah hari special,,,kenapa gak bikin hari special sendiri aja buat orang yg kita sayang??? bukannya lebih bagus tuch?? enggak pasaran...engak ada yg nyama"in. Bener" so special itu adalah hari buat orang yang kita sayang. Bukan harinya orang sedunia. Iya nggak???

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Artikelnya bagus

Baca juga artikelku VALENTINE DAYS DAN SEX di http://www.blogfuad.wordpress.com. sALAM KENAL

kika_aja mengatakan...

makasih yaaa,,,,dah meramaikan edan....thanz juga comment na :)

septy mengatakan...

ahhahahahhaahhahha



:P

Posting Komentar

hai,,, terima kasih dah look my blog^^,,,selamat bergabung 'n selamat kasih koment yauw,,,^^